Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

Penyebab Perut Kembung Pada Bayi

 

Bunda hanya perlu Kenali Penyebab Perut Kembung Pada Bayi dan Cara Mengatasinya. Bila bayi bunda rewel, tak berhenti menangis dan menggeliat-geliatkan punggungnya bisa jadi karena perutnya kembung.

Bayi memiliki keterbatasan dalam membuang gas yang ada di perut mereka. Mereka butuh bantuan untuk melakukannya. Perut kembung pada bayi umum terjadi, tidak berbahaya, sehingga bunda tidak perlu panik bila ini terjadi pada bayi bunda.

Mengenali penyebab perut kembung pada bayi

Mengenali penyebab perut kembung pada bayi dan cara mengatasinya dapat membantu bunda menolong  si kecil saat perutnya kembung. Perut kembung pada bayi disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  1. Makanan yang dikonsumsi Ibu. Bila bayi masih mengkonsumsi ASI, maka besar kemungkinan yang menjadi penyebab perut kembung adalah makanan yang dikonsumsi Ibu. Oleh karena itu, bagi bunda yang masih menyusui sebaiknya hindari makanan yang akan membentuk gas setelah dicerna seperti kubis, kembang kol, bawang dan kacang.
  2. Makanan yang dikonsumsi bayi. Bila si kecil sudah berusia enam bulan dan sudah mulai mengkonsumsi makanan, perhatikan makanan si kecil ya bunda. Hindari brokoli, meski ini sayuran dan kaya serat. Namun brokoli merupakan sayuran yang bisa menghasilkan banyak gas setelah dicerna.
  3. Minuman selain ASI. Cukup minum air memang baik untuk bayi bunda. Namun pada bayi yang berusia kurang dari enam bulan sebaiknya jangan diberikan minum selain ASI. Susu, air putih hangat pada bayi berusia kurang dari enam bulan akan membuat mereka kesulitan membuang gas dari perut mereka.
  4. Dot bayi. Hati-hati dalam memilih dot ya bunda. Ujung dot yang terlalu kecil atau terlalu besar membuat udara lebih mudah masuk ke dalam mulut bayi sehingga menyebabkan perut mereka kembung.

Bila perut bayi kembung, pijatlah perut bayi secara perlahan dengan gerakan searah jarum jam. Bunda juga bisa memijat punggung si kecil, dengan cara membaringkan si kecil di atas kedua paha bunda dalam keadaan tertelungkup.

Jangat menepuk-nepuk perut atau punggung ya bunda. Jangan pula memijat perut di kecil terlalu keras. Setelah mengenali penyebab perut kembung pada bayi dan cara mengatasinya, bunda tidak perlu panik bila menjumpai si kecil rewel dan terindikasi mengalami perut kembung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE