11++ Cara Menurunkan Gula Darah

Kadar gula darah yang terlalu tinggi merupakan suatu tanda jika anda beresiko menderita penyakit diabetes. Kadar glukosa dalam darah sangat sulit untuk dikontrol oleh mereka yang sudah terdiagnosa menderita diabetes, ini dikarenakan tubuh mereka sudah tidak mampu lagi untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Dengan demikian, kadar glukosa dalam darah pun akan berubah menjadi racun yang dapat memicu terjadinya kerusakan organ di dalam tubuh.

Penyebab utama seseorang menderita penyakit diabetes yaitu sering kali disebabkan oleh faktor gaya hidup dan juga hormon. karena kedua faktor tersebut dapat memicu terjadinya peningkatan kadar gula darah secara berlebihan.

Sebenarnya glukosa sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi, namun jika jumlahnya terlalu berlebihan justru dapat menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit serius seperti penyakit jantung, stroke dan bahkan bisa mengakibatkan kematian.

Oleh karena itu, bagi anda yang belum mengalami diabetes untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta konsumsi makanan sehat pencegah diabetes. Namun bagi anda yang sudah terlanjur menderita diabetes, maka anda bisa melakukan upaya untuk menurunkan gula darah dan mengontrol gula darah agar tidak kembali naik.

Cara Menangani Diabetes

Segala penyakit yang kamu idap harus segera ditangani dan dilakukan penanganan yang tepat untuk menghindari hal-hal negatif lainnya terjadi. Ini berlaku untuk semua penyakit, penyakit jenis apapun harus segera ditangani dengan tepat dan cepat, termasuk penyakit diabetes atau gula darah. Berikut ini beberapa cara menangani diabetes yang bisa dilakukan. Simak beberapa cara menangani diabetes:

1.  Menghindari Makanan Junk Food dan Fast Food

Makanan fast food dan junk food sangat berbahaya untuk tubuh, bukan hanya tidak baik bagi pengidap diabetes, juga untuk semua orang. Oleh karena itu salah satu cara terbaik menangani diabetes adalah  hindari fast food dan junk food.

2.  Berolahraga

Berolahraga baik dilakukan untuk menangani diabetes. Mulai sekarang, kamu harus rajin dan rutin berolahraga mulai dari olahraga ringan. Tidak perlu langsung melakukan jenis olahraga berat. Berolahraga juga salah satu cara alami menurunkan gula darah.

3.  Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan merupakan hal penting untuk dilakukan pengidap diabetes. Berarti menjaga berat badan berarti juga mengontrol porsi makan sekaligus mengatur asupan kalori yang termasuk cara alami menurunkan gula darah dan menangani diabetes.

Cara Alami Menurunkan Gula Darah

Gula darah adalah istilah yang digunakan pada kondisi keadaan glukosa dalam darah seseorang. Glukosa merupakan sumber energi utama dalam tubuh ketika dialirkan melalui darah, namun jika kondisi kadar gula seseorang terlalu tinggi justru akan memicu terjadinya penyakit. Cara menurunkan kadar gula darah yang bisa kamu lakukan, adalah:

1.  Kontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat penting untuk tubuh, karena berfungsi sebagai sumber utama penghasil energi. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana (sebagian besar glukosa) kemudian insulin bekerja dengan memindahkan gula dari darah ke dalam sel untuk dijadikan energi. Untuk itu kamu harus memperhatikan asupan karbohidrat dan konsumsi karbohidrat sehat.

2.  Perbanyak Asupan Serat

Serat dapat membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan gula ke dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi lonjakan gula darah serta meningkatkan kontrol gula darah secara keseluruhan. Selain itu, dapat membantu mengelola diabetes tipe 1 dengan memperbaiki kontrol gula darah dan mengurangi kadar gula darah.

3.  Perbanyak Minum Air Putih

Cara menurunkan gula darah berikutnya yaitu dengan mencukupi cairan tubuh dengan minum air putih. Minum air putih ternyata sangat bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar glukosa berlebih dalam tubuh.

Bahkan dengan minum air putih yang cukup setiap harinya dapat membantu menetralisir zat-zat yang bersifat racun dalam tubuh akibat kadar glukosa yang terlalu tinggi. Pastikan anda minum air putih minimal sebanyak 8 gelas perhari.

4.  Pilihlah Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks Glikemik adalah angka yang menunjukkan jenis karbohidrat  yang berpotensi cepat meningkatan kadar gula darah. Konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah, yaitu sistem peringkat makanan yang mengandung karbohidrat yang rendah dan telah terbukti dapat mengurangi kadar gula darah dalam jangka panjang pada pengidap diabetes tipe 1 dan tipe 2.

5.  Menjaga Tingkat Stres

Kamu harus tahu, stres bisa mempengaruhi kadar gula darah! Untuk itu kontrol lah tingkat stres jika kamu ingin berhasil menurunkan gula darah. Di saat stres, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon glukagon dan kortisol, yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

6.  Tidur dan Istirahat Cukup

Tidur dan beristirahat yang cukup serta berkualitas diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur yang kurang baik, tidur terlampau malam, dan kurang istirahat dapat memengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin.

7.   Makan Makanan Kaya Kromium dan Magnesium

Kadar gula darah tinggi dan diabetes dapat disebabkan oleh kekurangan mikronutrien, termasuk kekurangan mineral kromium dan magnesium. Kromium terlibat dalam metabolisme karbohidrat dan lemak, serta membantu mengendalikan kadar gula darah. Kekurangan kromium dapat menyebabkan kamu mengalami intoleransi karbohidrat dan kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko diabetes.

8. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi

Dengan sering melewatkan sarapan pagi kerap menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan lambung dan juga sistem pencernaan, karena kadar glukosa dalam darah dapat meningkat akibat dari jarangnya sarapan pagi. Melewatkan jam sarapan pagi memang sering dianggap tidak begitu penting sehingga sering dianggap sepele, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas padat.

Pada saat perut terasa lapar, maka kadar glukosa dalam darah yang dilepaskan oleh organ hati dan dijadikan sebagai bahan bakar sehingga jika dibiarkan dalam jangka waktu lama produksi gula darah akan meningkat secara signifikan. Untuk itu, mulai sekarang jangan lewatkan sarapan dan sarapan dengan menu makanan sehat seperti roti gandum dan segelas jus tanpa gula.

9. Batasi Konsumsi Makanan Manis

Bagi anda yang memiliki kadar gula darah yang terlalu tinggi, maka sebaiknya anda membatasi konsumsi makanan-makanan manis. Hal ini dikarenakan, makanan manis dapat memperburuk kondisi kesehatan bagi penderita diabetes. Untuk itu, batasi asupan gula dengan mengurangi makanan manis agar kadar gula darah anda dapat terkontrol dengan baik dan gula darah pun akan berangsur-angsur turun hingga ke batas normal.

10. Rajin Berolahraga

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, terutama bagi anda yang menderita penyakit diabetes. Hal ini dikarenakan, dengan rajib berolahraga dapat membantu menurunkan kadar glukosa berlebih dalam tubuh. Olahraga yang baik untuk penderita diabetes yaitu seperti jogging, lari pagi, bersepeda, senam dan olahraga ringan lainnya. Jalankan aktivitas olahraga ini secara rutin setiap hari minimal 30 menit perhari.

11. Minum FIFORLIF

Konsumsi FIFORLIF secara rutin. Karena Fiforlif adalah minuman fiber kaya serat bernutrisi tinggi dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah buat penderita diabetes.

Selain baik untuk penderita diabetes, fiforlif juga dapat membersihkan dan mengeluarkan karesinogen di usus besar, serta menjaga kesehatan pencernaan Anda.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan gula darah secara alami yang bisa anda coba dirumah, namun disamping melakukan cara-cara diatas anda juga perlu melakukan pemeriksaan kadar glukosa secara berkala untuk memantau perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE