13 Cara Melancarkan Buang Air Besar

Sulit BAB bisa menimbulkan masalah yang sangat banyak bagi kesehatan, terutama bagi pelaku diet. Tulisan ini dibuat karena tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bagaimana cara melancarkan buang air besar. Baca sampai selesai untuk mengetahui solusinya.

Memperlancar buang air besar memiliki banyak keuntungan diantarnya mencegah perut buncit, mencegah pertumbuhan bakteri di usus, mengurngi risiko kanker usus, dan membantu mengontrol berat badan. Untuk memperlancar BAB anda perlu mengubah gaya hidup dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur serta melakukan olahraga secara teratur.

Penyebab sulit buang air besar

  • Akibat kurang mengkonsumsi makanan beserat
  • Tidak mendapatkan cukup air putih
  • Managemen stres yang buruk
  • Kurangnya aktivitas fisik
  • Terlalu banyak mengkonsumsi protein hewani
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur
  • Terburu-buru menelan makanan
  • Melampiaskan kesedihan dengan banyak makan
  • Makan karbohidrat secara berlebihan
  • Tidur setelah makan
  • Terlalu banyak duduk

Cara melancarkan buang air besar 

1. Perbanyak makan makanan berserat

Anda pasti sering mendengar bahwa orang yang mengalami sembelit harus perbanyak konsumsi serat. Nyatanya, hal tersebut adalah anjuran yang benar karena konsumsi serat memang dapat membantu mengatur gerakan usus dengan menyerap air ekstra dan membantu untuk membentuk tinja.

Selain itu, kandungan serat pada makanan yang Anda konsumsi dapat menjaring residu pada saluran usus Anda dan nantinya dapat merangsang sistem pencernaan Anda untuk segera buang air besar. Oleh karena itu, saat Anda mengalami sembelit, cobalah untuk meningkatkan asupan serat dengan makan buah (seperti pepaya), sayuran (kubis, wortel, ataupun bayam), dan biji-bijian.

2. Perhatikan apa yang Anda makan

Salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah karena apa yang Anda makan, di antaranya adalah kurangnya asupan vitamin B12 dalam makanan yang Anda konsumsi. Beberapa makanan yang dapat Anda konsumsi untuk memperlancar buang air besar adalah buah kiwi, jeruk, oatmeal, bayam, lidah buaya, kacang, yogurt, kopi, nasi.

Berdasarkan sebuah studi, diketahui bahwa orang yang mengkonsumsi nasi dapat mengurangi risiko terjadinya sembelit. Selain itu, konsumsi kopi saat Anda sembelit dapat merangsang gerakan dalam usus Anda, meningkatkan sirkulasi dan memori otak Anda.

3. Perbanyak minum air putih

Salah satu akibat dari sembelit adalah tinja kering. Oleh karena itu, untuk memperlancar buang air besar, Anda perlu memperbanyak minum air putih karena konsumsi air putih dapat memudahkan tinja untuk keluar.

Namun, Anda harus menghindari minuman dieuretik seperti minuman berkafein (kopi dan soda) serta minuman beralkohol saat Anda mengalami sembelit. Karena dapat menyebabkan kehilangan cairan melalui peningkatan buang air kecil dan akan memperburuk sembelit. Minuman yang dianjurkan saat Anda mengalami sembelit adalah jus seperti jus apel atau pir dan teh herbal.

4. Perbanyak olahraga

Alasan sederhana mengapa Anda perlu berolahraga saat mengalami sembelit adalah karena berolahraga dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan pernapasan yang dapat merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh dan membantu makanan bergerak lebih cepat melalui usus Anda. Cobalah untuk berolahraga ringan sekitar 20 sampai 30 menit selama lima hari dalam seminggu.

5. Hindari stres

Sistem pencernaan Anda ternyata sangat sensitif terhadap stres, dan sembelit adalah salah satu respon sistim pencernaan terhadap stres. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan hal yang Anda senangi agar dapat mengurangi tingkat stres, salah satunya adalah dengan bernyanyi, berenang, pergi nonton, atau hobi Anda lainnya.

6. Jangan suka menahan buang air besar

Semakin sering Anda menahan buang air besar, semakin besar risiko Anda untuk mengalami sembelit atau susah BAB. Oleh karena itu, saat Anda merasa harus buang air besar, maka segeralah pergi ke toilet untuk buang air besar.

7. Konsumsi buah dan sayur.

Buah dan sayur merupakan makanan paling sehat di planet bumi. Keduanya mengandung tinggi serat dan air yang secara alami dapat melancarkan buang air besar. Serat membantu pergerakan usus sehingga mempermudah proses pembuangan.

Pilihlah jenis buah sehat seperti pepaya, anggur, pisang, buah naga, jeruk dan melon. Selain buah, sayur juga merupakan makanan alami yang berguna mempermudah BAB karena mengandung tinggi serat.

8. Beralih ke protein nabati.

Terlalu banyak mengkonsumsi daging dapat mengganggu proses pencernaan sehingga akan menyulitkan buang air besar. Hal ini akan semakin parah jika kita tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur. Untuk memperlancar buang air besar anda bisa memanfaatkan sumber protein nabati seperti kacang, kedelai, brokoli dan biji-bijian.

Protein nabati umumnya menjadi pilihan bagi pelaku diet karena lebih rendah lemak. Meskipun demikian, anda tetap membutuhkan asupan protein hewani sebagai penyeimbang nutrisi.

9. Memperlancar BAB dengan makanan fermentasi.

Mengkonsumsi makanan fermentasi adalah salah satu rahasia penyembuhan sembelit. Makanan fermentasi seperti yogurt dilengkapi dengan probiotik alami yang mampu menekan pertumbuhan bakteri merugikan di usus. Ingat, anda hanya perlu mengkonsumsi sejumlah kecil makanan yang difermentasi, karena makanan ini juga tidak baik dikonsumsi secara berlebih.

10. Makan perlahan-lahan.

Mengunyah makanan dengan perlahan-lahan  akan membantu tubuh menyerap nutrisi dengan sempurna. Sebaliknya, Jika terburu-buru saat mengunyah makanan tubuh tidak akan memposes makanan dengan benar sehingga pengurain nutrisi akan lebih sulit, dampaknya kita akan mengalami kesulitan saat BAB. Selain itu, kombinasikan antara makanan tinggi karbohidrat dan serat untuk mengurangi beban pada tubuh dan mempercepat pencernaan.

11. Detoksifikasi tubuh.

Melakukan detoksifikasi tubuh merupakan cara yang bagus untuk memperlancar BAB. Ada banyak makanan yang bisa digunakan untuk membersihkan usus besardiantaranya seperti lidah buaya.

Jus lidah buaya memiliki sifat detoksifikasi alami yang ketika dikonsumsi akan membantu pengeluaran racun dari tubuh sekaligus menenangkan peradangan internal pada lapisan pencernaan. Selain berguna untuk memperlancar buang air besar, detoksifikasi juga bermanfaat mencegah penyakit berbahaya termasuk kanker.

Cara praktis untuk detox pencernaan adalah dengan mengkonsumsi jus buah ajaib FIFORLIF. Karena terbuat dari ektrak buah gojy berry yang terbukti

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE